Kamis, 06 Agustus 2009

kawah kamojang



Terletak di perbatasan Bandung – Garut. Disini juga merupakan lingkungan sumur Geothermal Pertamina dan Pembangkit Listrik PLN.  Di tiket masuk tertulis “Wana Wisata Pemandian Air Panas Kawah Kamojang”, setelah sampai disana, ternyata… bukan sembarang Pemandian Air Panas..
Gitu masuk akan ketemu kawah Manuk yang berupa kolam belerang berasap. Masih panas pa ya? Trus beberapa puluh meter jalan ada kawah Berecek berupa kolam lumpur yang udah gak ngepul-ngepul, jadi kayak becekan ajah gitu. Sesuai namanya.

Nah dari sini agak naik tangga dikit dan ketemu kawah Kereta Api. Berupa Gas yang keluar dari pipa dengan tekanan besar hingga asapnya membubung ke atas tegak lurus gitu. Suaranya bergemuruh macam kereta api, makanya diberi nama Kawah Kereta Api nii kali ya. Jalan dikit di deket jembatan ada kawah Stikgas, duhh bener gak yach.
Gak inget bener yang ini. Ada dibawah jembatan dengan lobang besar yang ngelarin gas. Kawah-2 tersebut ada dikanan-kiri jalan kita buat menuju Kawah Hujan. Berupa kumpulan kawah-kawah yang secara ritmik menyemprotkan air ke udara selain uap panas. Ada yang airnya nyembur vertikal dan turun bak ujan gerimis. Mungkin karenanya disebut kawah hujan. Airnya panas bangetz deh ampe kaget-kaget pas kenanya.. Nah air ini nih yang pada dipakai buat mandi.. tapi kebanyakan orang mandi uapnya, karena ditengah kawah hujan ini ada tempat berdiri didepan kawah yang ngeluarin uap panas. Orang-orang berkumpul disini buat mandi uap. Gue juga.. hehe..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar